30 June, 2007

KIP MUSPROP KNPI: Membuat KNPI Semakin Menarik

Langgam kekuasaan Orde Baru yang gembar-gembor soal pembangunan dan mengajak peran pemuda untuk menyukseskan pembangunan memang mulus dijalankan dengan membentuk KNPI. Hubungan harmonis KNPI dengan pemerintah tidak berbuah manis karena justru tidak mengenakkan.
KIP Musprop KNPI: Membuat KNPI Semakin Menarik
Langgam kekuasaan Orde Baru yang gembar-gembor soal pembangunan dan mengajak peran pemuda untuk menyukseskan pembangunan memang mulus dijalankan dengan membentuk KNPI.Hubungan harmonis KNPI.dengan pemerintah tidak berbuah manis karena justru tidak mengenakkan. Sebab, KNPI tiba-tiba menjadi bemper pemerintah hingga akhirnya tudingan ormas pelat kuning tak terelakkan.
Parahnya lagi, KNPI menjadi semacam tangga bagi para politikus muda untuk terjun ke pemerintahan (menjadi pejabat). Kenyataan itu terus ada hingga sekarang dengan duduknya mantan Ketua KNPI Adyaksa Dault menjadi Menpora dalam Kabinet Indonesia Bersatu.
Dengan demikian, gerakan KNPI, baik di era pemerintahan Orba maupun sekarang, nyaris masih terjebak dalam model mendukung pemerintah. Akibatnya, langkah yang diambil KNPI tidak begitu populer di kalangan anak muda, terlebih para mahasiswa, apalagi Ornop (organisasi Non Pemerintah).
Ketika ormas-ormas mahasiswa ramai-ramai turun ke jalan menentang kebijakan pemerintah yang dinilai tidak adil bagi rakyat, dalam berbagai kesempatan, KNPI seolah menutup mata melihat berbagai kebijakan pemerintah yang keliru.
Sumbangan minim KNPI bagi bangsa inilah yang seharusnya membuat kita gelisah. Padahal, KNPI sebagai induk organisasi terbesar di tanah air, bahkan memiliki struktur organisasi sampai tingkat kabupaten, idealnya mampu menjadi motor penggerak yang turut serta menentukan arah bangsa.
Itulah yang kurang di KNPI. Mereka belum mampu menyentuh persoalan-persoalan riil bangsa ini. Padahal, generasi muda kita saat ini bukan saja dijejali berbagai macam ideologi yang cenderung menyesatkan, tapi juga dihadapkan pada persoalan yang lebih global, seperti seks bebas, narkoba, dan kejahatan terorganisasi lainnya.

Pergeseran Paradigma
Mencermati kecenderungan dalam kurun beberapa tahun terakhir, khususnya di Sulawesi Tengah, pemuda yang tergabung dalam KNPI mulai menunjukkan empati terhadap gerakan moral yang sedang berjalan.
Model gerakan generasi muda sekarang perlu dimantapkan kembali sesuai semangat pemuda sebelumnya. Pemuda pada 1908 mampu melahirkan kebangkitan nasional, 1928 melahirkan sumpah pemuda, 1966 menegakkan kedaulatan negara, 1973 membuat Deklarasi Pemuda dan 1999 dengan semangat gigih menegakkan demokrasi, keadilan dan supremasi hukum.
Transformasi gerakan moral KNPI di masa mendatang adalah mewujudkan generasi muda yang ramah dan tanggap terhadap fenomena sosial dengan Iandasan akhlak mulia.
Prototipe yang dikembangkan oleh KNPI didasarkan pada semangat kejuangan dan keinginan berdirinya negara republik yang kaya kemajemukan dan miskin peperangan. Ini dijalankan sesuai amanat organisasi KNPI dalam menumbuhkan, menggerakkan serta menyalurkan dinamika, militansi dan idealisme pemuda Indonesia.
Kondisi ini seharusnya berada pada titik maju dalam rentang waktu ke depan. Praktek-praktek penyelenggaraan organisasi yang cenderung destruktif dan merusak image organisasi ini seharusnya segera ditinggalkan, paling tidak diminimalisir.

Musprop Ajang Akrobat
Bukan rahasia umum lagi, pergantian pucuk pimpinan dari tingkat pusat hingga daerah selalu diwarnai dengan praktek money politic, premanisme dan intervensi birokrat.
Kecenderungan ini akan mencitrakan KNPI sebagai wadah berkumpul para broker dan avonturir politik yang sangat bergantung pada uang dan kekuasaan.
Terkait dengan rencana Musyawarah Provinsi yang akan digelar di penghujung tahun 2007, maka penting sekali untuk menggagas sebuah wadah yang secara moral bertanggungjawab untuk mengawal citra yang telah terbangun dalam kurun beberapa tahun terkahir.
Pencitraan KNPI sebagai lembaga independen dan laboratorium kader pemimpin masa depan daerah akan semakin mengkilap jika Musprop KNPI bisa berlangsung secara fair dan demokratis tanpa praktek money politic dan premanisme.
Dalam kerangka tersebut, beberapa pentolan dan pemerhati KNPI menggagas Komite Independen Pemantau Musyawarah Provinsi (KIP Musprop KNPI). Komite ini akan memperjuangkan tiga agenda penting yaitu: Membuka seluas mungkin kompetisi pemuda dalam dalam Musprop; Konsistensi Musprop terhadap AD/ART dan Peraturan KNPI dan Melawan segala bentuk praktek money politic dalam Musprop.
Dengan tiga agenda ini, maka harapan untuk menemukan pemimpin baru yang legitimate dan berdaya saing akan semakin terbuka. Dengan demikian kita telah membangun sebuah peradaban demokrasi.

Deklarator
J. Parampasi, Yahdi Basma, Abubakar Hadado
Andi Miswar Arman, Ashar Yahya, Salehuddin Awal
Husen Idrus Alhabsy, Naharudin A Gani, Yanes



1 comment:

CempLuk said...

semoga negeri indonesia kembali damai..amin